Hartopo Larang Warga Kudus Lakukan Tongtek

Friday, April 24, 2020

KUDUS - Selama bulan ramadhan tahun ini, masyarakat di Kabupaten Kudus diimbau untuk tidak melaksanakan salat tarawih di masjid atau musala. Melainkan melaksanakan tarawih di rumah masing-masing bersama keluarga. Menyusul masih ditemukan sejumlah tempat ibadah yang belum melaksakan protokol kesehatan.

‘’Kesadaran menerapkan protokol kesehatan di masjid masih kurang, seperti tidak disediakan sabun di halaman masjid,’’ kata Hartopo saat ditemui di Pendapa Kabupaten Kudus, Rabu (22/4).

Meski demikian, pihaknya tidak melarang jika ada masyarakat yang ingin tetap melaksanakan salat tarawih di masjid atau musala. Namun harus tetap menjaga jarak dengan jamaah lain. Selesai salat tidak perlu bersalaman dan wajib menggunakan masker.

‘’Silahkan salat jumat atau tarawih, tapi tetap perhatikan protokol kesehatan,’’ pintanya.

Tidak hanya itu, Hartopo juga mengimbau agar masyarakat tidak menggelar tradisi tongtek, yang biasa dilakukan warga dengan keliling kampung saat membangunkan warga lain untuk saur.  

‘’Saya imbau kegiatan (tongtek) yang diikuti banyak orang tidak perlu dilakukan,’’ tandasnya.

Pihaknya pun kembali mengingatkan, masyarakat diminta untuk selalu mentaati peraturan dan imbauan dari pemerintah, mulai melaksanakan sosial dan physical distancing, cuci tangan pakai sabun, menjaga kesehatan dan lingkungan, serta selalu menerapkan protokol kesehatan demi mencegah wabah covid-19 ini.

‘’Masih banyak masyarakat yang belum sadar tentang protokol kesehatan. makanya sering saya ingatkan, kita harus mengikuti anjuran pemerintah demi keselamatan bersama,’’ tandasnya.

Sementara Camat Kota Kudus, Endah Pramudyawati saat mengikuti rapat koordinasi percepatan pencegahan covid-19 via video conferensi di Command Center Diskominfo mengaku sudah memberikan imbuan kepada masyarakat, untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dilingkungan wilayah kota.

‘’Selain itu, dalam rangka pencegahan pandemi covid-19 kami dan jajaran kepolisian sektor kota setiap hari melakukan patroli untuk meningkatkan kondusifitas lingkungan,’’ ungkapnya.

Berdasarkan kalender awal puasa jatuh pada 1 Ramadhan 1441 H, bertepatan dengan hari Jumat 24 April 2020. (han/gus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »