Dua Desa Dicanangkan Jadi Kampung Siaga Covid-19

Tuesday, April 14, 2020
BANTUAN: Kapolres Pati, AKBP Arie Prasetya Syafa’at foto bersama dengan warga setelah memberikan bantuan alat pelindung diri dari penularan virus Covid-19 kepada Pemdes Bumiayu, Kecamatan Wedarijaksa, Selasa (14/4).
PATI - Polres Pati terus melakukan percepatan untuk penanganan virus corona atau Covid-19. Pencanangan kampung siaga Covid-19 juga terus dilakukan untuk mengajak masyarakat melawan corona.

Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafa’at mengatakan, pencanangan kampung siaga Covid-19 ini akan terus dilakukan. Hanya, ada kriteria tersendiri agar sebuah desa bisa dinyatakan sebagai Kampung Siaga Covid-19.

”Misalnya di desa itu ada Orang Dalam Pemantauan (ODP), kemudian pihak desa juga proaktif melakukan antisipasi maupun penanganan,” katanya, Selasa (14/4/2020).

Selain itu, dalam hal penanganan pihak desa juga sudah menggunakan prosedur kesehatan. Seperti menyediakan posko penanganan Covid-19 dan lain sebagainya.

”Di Desa Bumiayu ini, saya menilai langkahnya sudah bagus. Sehingga layak untuk dicanangkan sebagai kampung siaga Covid-19,” terangnya.

Ia menambahkan, pencanangan kampung siaga Covid-19 ini akan terus dilakukan di desa lainnya. Sembari menetapkan, pihaknya juga memberikan bantuan berupa masker, tempat cuci tangan, dan hand sanitizer.

Sementara itu, Kades Bumiayu Karyadi mengatakan, langkah yang dilakukan untuk mengantisipasi persebaran wabah Covid-19 ini, yakni dengan memberlakukan jalur masuk satu pintu. Sehingga, semua yang masuk di Desa Bumiayu harus diperiksa terlebih dahulu.

”Jadi setiap ada orang yang keluar maupun masuk desa, harus meluli satu jalur yang sudah kami tetapkan. Kalau yang masuk, mereka kami tes dulu suhu tubuhnya,” jelas Karyadi.

Sedangkan bantuan dari Polres tersebut, diakuinya akan dibagikan kepada seluruh masyarakat, terutama untuk pembagian masker dan hand sanitizer. Sementara untuk tempat cuci tangan, akan di posisikan di tempat-tempat umum.

Sebelumnya pencanangan Kampung Siaga Covid-19 juga dilakukan di Desa Mulyoharjo, Kecamatan Pati Kota pada Senin (13/4). (gus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »