Desa Siaga Covid-19 Dibentuk

Wednesday, April 15, 2020

REMBANG - Sebanyak 5 desa yang berada di wilayah Kecamatan kota Rembang, dibentuk menjadi kampung siaga atas wabah COVID-19 atau Virus Corona. 5 desa tersebut diantaranya Desa Waru, Kabongan Lor, Weton, Sumberjo dan Mondoteko.

Pembentukan kampung siaga COVID-19 itu sendiri merupakan inisiasi dari Polres Rembang. Dengan kampong siaga ini, salah satunya sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus Corona di wilayah Kabupaten Rembang.

Wakapolres Rembang Kompol Tamlikan mengatakan, pembentukan kampung siaga diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menerapkan pola hidup sehat dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona.

“Dengan adanya kampung siaga COVID ini adalah suatu hal yang positif, saya apresiasi. Karena adanya kepedulian yang keras, yang kuat, dari warga ini membangkitkan semangat kita bagaimana kita mencegah, bagaimana kita mensosialisaskian kepada warga ini. Bersama-sama kita mencegah dan memberantas COVID-19 ini,” kata Tamlikan.

Ia pun berharap, pembentukan kampung siaga juga agar dapat menepis stigma negatif masyarakat luar ketika ada salah seorang warga yang dinyatakan positif COVID-19. Sebab, jika tidak disikapi dengan bijak, pandemi COVID-19 seperti saat ini juga dapat mempengaruhi sektor perekonomian warga.

“Seperti Desa Waru ini kita juga doakan agar segera pulih, itu harapan kita semua. Seluruh tim yang tergabung pada kampung siaga ini, tentunya harus optimal. Stigma negatif masyarakat harus kita hilangkan, masyarakat kesadarannya harus ditingkatkan,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Desa Waru, Daryono bercerita, semenjak ada salah seorang warganya yang dinyatakan positif terpapar COVID-19 atau Virus Corona, sektor perekonomian di Desanya menurun drastis.

“Dengan kampung siaga ini ya berharapnya agar imbas-imbas lainnya yang menyertai dari wabah ini bisa ditekan,” harapnya. (sov)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »