Desa Mulyoharjo Dicanangkan Jadi Kampung Siaga Corona

Monday, April 13, 2020
BANTUAN: Kapolres Pati, AKBP Arie Prasetya Syafaat menyerahkan bantuan alat pencegehan penularan corona kepada Pemdes Mulyoharjo.
PATI - Keseriusan Polri mencegah dan menangkal penyebaran covid-19 dilakukan hingga ke desa-desa. Salah satunya dengan pencanangan Kampung siaga Covid-19 di Desa Mulyoharjo Kecamatan Pati, Senin siang (13/4/2020).

Pencanangan Kampung Siaga Covid-19 ini, sebagai upaya Polres Pati membendung dan mencegah penyebaran dan penularan penyakit yang disebabkan infeksi virus corona.

Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafaat mengatakan, pencanangan tersebut agar masyarakat bersama pemerintah desa setempat lebih sigap dalam menangani adanya warga yang memiliki gejala klinis Covid-19, sehingga tidak menular atau menyebar ke warga yang lainnya.

“Dan kita memberikan beberapa bantuan yaitu sepuluh tempat cuci tangan, dan alat pelindung diri dan masker bagi petugas medis, serta masker kain bagi masyarakat dan antiseptik,” tuturnya.

Kapolres AKBP Arie Prasetya Syafaat menuturkan, pencanangan tersebut juga sekaligus mengedukasi masyarakat mengantisipasi penyebaran dan penularan Covid-19 dengan pola hidup sehat, menerapkaan protokol penangan covid-19 (jaga jarak fisik/physical distancing, mencuci tangan setiap pulang dari bepergian, dan mengenakan masker saat keluar rumah untuk bepergian).

“Kemudian terkait siaga ini kami juga mengimbau warga Pati yang berada di luar wilayah Pati untuk tidak mudik, apabila mereka sayang dengan keluarganya. Sehingga untuk tahun ini mudik bisa ditunda lebih dulu,” kata Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafaat.

Sementara iru, Kades Mulyoharjo Kecamatan Pati Joko Mujianto menyampaikan terima kasih atas pencanangan desanya sebagai Kampung Siaga Covid-19. Terkait dengan pemudik asal luar daerah, pemerintah desa telah meminta mereka untuk melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing selama empat belas hari diantaranya sudah selesai masa pemantauannya.

“Kemarin itu mereka itu isolasi mandiri selama empat belas hari data yang ada sekitar delapan belas orang. Dan yang masih melakukan isolasi mandiri tujuh orang,” tuturnya.

Penyerahan alat pelindung diri (APD), masker dan antiseptik untuk tim medis, serta masker kain untuk warga dan sepuluh tempat cuci tangan dari Kapolres AKBP Arie Praseya Syafaat kepada Kades Mulyoharjo Joko Mujianto menandai pencanangan Kampung Siaga Covid-19 di Desa Mulyoharjo Kecamatan Pati. Turut hadir dan menyaksikan Camat Pati Didiek Rusdiartono, Danramil Pati Kapt. Inf Yahudi, dan serta Kapolsek Pati IPTu Sahlan.(gus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »