Sekolah Negeri dan Swasta di Kudus Libur 2 Minggu

Monday, March 16, 2020
DOORSTOP: Plt Bupati Kudus HM Hartopo menjelaskan hasil rakor bersama pimpinan OPD tentang penanganan Virus Corona di Kudus.
KUDUS - Menindaklanjuti Keputusan Presiden RI dan Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah, seluruh lembaga pendidikan baik dibawah wewenang Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus dan Kementrian Agama (Kemenag) diliburkan selama 14 hari, terhitung mulai Senin (16/3). Hal itu sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus, HM Hartopo mengatakan, virus corona atau Covid-19 ini sangat meresahkan masyarakat, tak terkecuali di Kabupaten Kudus. Meski sudah ada surat edaran, pihaknya mengaku mempunyai kebijakan tersendiri terkait salat Jumat atau berjamaah di masjid, dan pengajian.

"Sekolah mulai hari ini (red_kemarin)  libur semua. Kegiatan balajar bisa dilakukan dari jauh  atau lewat online,’’ ujar Hartopo usai memimpin  Rapar Koordinasi Kebijakan Strategis Penanganan Kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus di Command Center Dikominfo Kudus, Senin (16/3).

Sebagai bentuk kewaspadaan, menurutnya, instansi terkait maupun stake holder perlu melakukan sosialisasi di tingkat bawah. Selain itu, memasang banner serta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang virus corona ini.

Disisi lain, Hartopo mengimbau kepada masyarakat jangan terlalu panik dan takut dengan adanya virus corona . Menurutnya, rasa takut dan panik itu akan membuat sebuah penyakit yang justru lebih membahayakan dari corona.

"Kalau takut atau panik nant malah stress. Dan itu lebih membahayakan dari corona,’’ tandasnya.  

Disinggung soal penutupan objek wisata, Hartopo mengaku masih akan melakukan rapat internal dengan instansi terkait. Termasuk penutupan tempat ziarah Sunan Kudus dan Sunan Muria akan dikaji lagi. Sedang untuk fasilitas publik seperti Balai Jagong, pihaknya menegaskan akan ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan.

"Balai jagong akan ditutup mulai sore ini (Senin sore kemarin),’’ tegasnya.

Kepala Kemenag Kabupaten Kudus, Akhmad Mundakir menambahkan, selain sekolah negeri, lembaga pendikan di bawah wewenang Kemenag juga diliburkan. Dalam surat edaran Kemenag RI, dia menyebutkan bawah kegiatan ujian sekolah juga akan ditunda.

"Sama saja kita akan liburkan selama 14 hari, termasuk sekolah madrasah,’’ imbuhnya. (han)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »