38 PDP di Kudus Dinyatakan Sehat

Tuesday, March 31, 2020

32 Masih Dirawat, 6 Meninggal

SIMULASI : Foto ilustrasi petugas kesehatan di RSUD dr.Loekmono Hadi Kudus sedang melakukan simulasi protokol penangan pasien Covid-19.
KUDUS - Sebanyak 38 orang dari 76 orang yang dikategorikan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dinyatakan sehat, dan saat ini sudah diperbolehkan pulang. Sementara 6 pasien diantaranya telah meninggal dengan penyakit penyerta, sedang 32 PDP lainnya masih dirawat di tiga rumah sakit rujukan.

Data tersebut berdasarkan catatan tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kudus yang diunggah dalam website http://corona.kuduskab.go.id pada Selasa (31/3) pukul 12.00 WIB.       

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kudus, dr Andini Aridewi mengatakan, jumlah pasien PDP masih bisa bertambah maupun berkurang. Dengan demikian, data yang diunggah dalam website akan selalu berubah.

‘’PDP yang dinyatakan negatif atau sembuh, sudah dipulangan untuk melakukan perawatan sendiri,’’ jelas Andini.

Sementara 6 PDP yang meninggal, lanjutnya, dua PDP diantaranya sebelumnya telah menjalani perawatan di ruang isolasi khusus di RS Mardi Rahayu Kudus dan empat PDP lainnya sudah menjalani perawatan di RSUD dr Loekmono Hadi Kudus.

‘’Namun meninggalnya PDP tersebut, bukan hanya karena terjangkit virus corona saja tapi ada penyakit penyerta,’’ tegas Andini.

Diakui, semua PDP yang masih dalam perawatan belum sempat diambil sampel air liurnya atau di swab. Termasuk yang sudah meninggal dengan penyakit penyerta itu. Sehingga pihaknya belum mengetahui, apakah PDP tersebut positif terpapar corona virus atau tidak.

‘’Hasil swabnya masih kami tunggu,’’ imbuhnya.

Diketahui, jumlah orang dalam pemantauan yang terdata sampai, Selasa siang (31/3), kemarin terus mengalami peningkatakan. Total ODP yang tercatat ada 223 orang terdiri dari dalam wilayah 160 orang dan luar wilayah 63 orang.

Sedang data PDP total ada 32 pasien, dengan kategori dalam wilayah 23 pasien dan 9 pasien dari luar wilayah.

Untuk PDP baik dari luar maupun dalam wilayah, saat ini masih dirawat di RSUD dr Loekmono Hadi sebanyak 20 pasien, di RS Mardi Rahayu sebanyak 8 pasien dan di RSI Sunan Kudus sebanyak 4 pasien. Andini berharap, ODP diimbau untuk mengisolasi secara mandiri selama 14 hari kedepan.

‘’Mengisolasi diri ini sebagai langkah preventif, untuk mencegah penyebaran virus corona,’’ jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, pasien dalam pengawasan (PDP) yang di rawat di dua rumah sakit rujukan virus corona di Kabupaten Kudus tercatat ada sembian pasien, Minggu (22/3). PDP tersebut di rawat di RSUD dr Loekmmono Hadi Kudus 8 pasien dan RS Mardi Rahayu satu pasien.

Hal itu diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kudus, dr Andini Ari Dewi kepada Jateng Pos Biro Pati melalui pesan whatsapp, Minggu siang kemarin. Sembilan PDP itu terdiri dari 4 pasien asal Kabupaten Kudus, 2 pasien rujukan dari Demak, 2 pasien dari Jepara dan satu pasien dari Grobogan.


‘’ Delapan pasien masih dirawat di RSUD dan 1 pasien di rawat di RR Mardi Rahayu,’’ jelasnya. (han/gus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »