Siswi SMP N 1 Kayen Juara 1 Lomba Bahasa Indonesia

Monday, February 24, 2020
BANGGA: Diapit kepala sekolah dan guru pembimbing, Faisalis Risadian bangga menunjukan tropi juara lomba mapel Bahasa Indonesia.
PATI - Prestasi yang membanggakan kembali diraih oleh siswa SMP N 1 Kayen. Kali ini giliran Faisalis Risadian yang mengukir nama baik untuk sekolahnya. Dia menjuarai lomba mata pelajaran (mapel) Bahasa Indoniesia untuk tingkat Kabupaten Pati, yang diadakan di SMP N 1 Juwana, belum lama ini.  

Risa begitu sapaan akrab siswi berhijab ini mengaku,  meski awalnya dia sempat grogi, namun Risa berhasil meyisihkan 108  peserta dari SMP lain yang ikut berkompetisi dalam lomba itu. 

Risa dinyatakan menjadi juara 1 karena berhasil meraih skor tertinggi dalam penilian para juri dengan sistem online  Computer Asissted Test (CAT).

Atas prestasi yang diraihnya, Risa merasa bangga dan mengaku akan lebih semangat belajar lagi agar bisa terus meningkatkan kemampuanya.

“Pada dasarnya saya memang suka dengan pelajaran Bahasa Indonesia. Saat ditunjuk maju untuk ikut lomba mapel itu awalnya grogi sih,  tapi ya seneng juga bisa mewakili sekolah,” kata Risa.

Sementara itu, Kasihati guru yang menjadi pembimibing Risa dalam menghadapi lomba mapel Bahas Indonesia, dirinya mengaku bangga dan senang atas prestasi yang diraih anak didiknya itu. 

Menurut Kasihati, meski dalam persiapan waktu yang singkat Risa bisa cepat menyerap materi saat latihan. 

“Saya ditunjuk jadi pembimbing Risa , dua minggu sebelum lomba, tentu saja itu waktu yang sangat singkat. Meski begitu untungnya Risa bisa cepat memahani setiap arahan saya,” katanya.

Dengan waktu yang singkat itu, lanjut Kasihati, dimanfaatkanya dengan sebaik mungkin yakni dengan memberikan tambahan bimbingan belajar pada Risa.

“Karena waktunya mepet, selain melakukan bimbingan di sekolah, saya juga memberikan materi soal agar dikerjakan Risa saat dirumah. Setelah dikerjakan kemudian kita bahas bersama agar Risa tahu mana yang salah dan mana yang sudah benar,” ungkap Kasihati

Masih menurutya, cara bimbingan itu ternyata efektif meski dengan waktu yang singkat namun berhasil dengan akhir yang membanggakan.

“Lomba mapel Bahasa Indonesia baru tahun ini diadakan dan Alhamdulilah anak didik kita yang jadi juaranya,” uacapnya bangga.

Dalam pelaksanaan lomba mapel Bahasa Indonesia tahun ini SMP N 1 Kayen mengirimkan dua siswanya. Namun sayang satu dari dua peserta harus kalah dengan peserta lain.

“Dalam lomba mapel Bahasa Indonesia kita mengikutkan dua siswa yakni Risa untuk mewakili kelas 8 dan satu lagi untuk mewakili kelas 7. Namun sayang perwakilan kelas 7 harus puas menjadi finalis saja, karena harus tersingkir dari siswa sekolah lain,” tutup Kasihati. (gus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »