Rumah Tergenang Banjir, Tiga Ibu Hamil Dievakuasi

Sunday, February 23, 2020
KORBAN BANJIR : Tiga ibu hamil warga Dukuh Karang Turi, Desa Setrokalangan Kecamatan Kaliwungu dievakuasi ke tempat yang lebih aman, Sabtu (23/2).



KUDUS - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus harus mengevakuasi tiga ibu hamil warga Dukuh Karang Turi, Desa Setrokalangan Kecamatan Kaliwungu,Sabtu (23/2).

Ketiga ibu hamil itu adalah Zunita warga RT 03 RW 03, Suwarni warga RT 07 RW 07 dan Qoti’ Rosyidah warga RT 5 RW 3.

Kepala Pelaksana Harian (Kalkhar) BPBD Kabupaten Kudus, Bergas Catursasi Penanggungan mengatakan, ketiga warga Dukuh Karangturi yang sedang hamil sembilan bulan itu, saat ini sudah dievakuasi di rumah milik Bidan Sukatmi yang lokasinya dinilai lebih aman.

           
 ‘’Ketiganya harus dievakuasi mengingat kondisi sekitar rumahnya mengalami banjir akibat limpasan air dari Sungai Wulan,’’ jelas Bergas kemarin.

           
Selain karena kondisi sekitar, lanjut Bergas, ketiga ibu hamil tersebut harus dievakuasi agar mendapat penanganan untuk persiapan melahirkan. Sehingga evakuasi mendadak serta mendesak harus segera dilakukan.

Selain ibu hamil, sambungnya, tim evakuasi yang terdiri dari petugas Unit Garuda 112, petugas BPBD dan relawan FRPB serta tim medis dari Puskesmas Ngemplak, Kecamatan Undaan juga mengarahkan balita bekebutuhan khusus yang masih berusia empat hari untuk sementara tinggal di Puskesmas Kaliwungu.

‘’Balita ini warga Desa Setrokalangan yang baru pulang dari RS Kumalasiwi. Sementara di puskesmas dulu sambil menunggu perkembangan situasi di lapangan,’’ tandasnya.

           
Bergas menuturkan, sampai Minggu (23/2) pagi kemarin, ketinggian air yang menggenangi sekitar Desa Setrokalangan mencapai 10 sentimeter hingga 50 sentimeter. Selain itu, dua desa lain di wilayah Kecamatan Kaliwungu yakni Desa Banget dan Kedungdowo kondisinya juga sama tergenang air.

           
‘’Di Dukuh Goleng Desa Pasuruhan Lor juga sama masih tergenang banjir,’’ imbuhnya.

           
 Sementara Camat Kaliwungu, Harso Widodo saat dikonfirmasi membenarkan bahwa ada tiga ibu hamil warga Dukuh Karang Turi Desa Setrokalangan dievakuasi oleh BPBD Kudus dan tim medis dari Puskemas Ngemplak.

          
 ‘’Evakuasi itu harus dilakukan untuk njagani (antisipasi, red) kalau airnya bertambah,’’ singkatnya. (han/gus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »