Manfaatkan DD 2019 Untuk Perbaikan Infrastruktur

Thursday, February 06, 2020
GUYUB : Warga dilibatkan dalam pembangunan jembatan di Desa Cengkalsewu, Kecamatan Sukolilo. 
PATI - Pemerintah Desa Cengkalsewu, Kecamatan Sukolilo, telah melakukan perbaikan beberapa bangunan infrastruktur diantaranya perbaikan jembatan desa, pembuatan talud  dan gorong-gorong saluran air serta pengaspalan jalan desa. 

Menurut Kepala Desa Cengkalsewu, Sukarno, perbaikan itu mengunakan anggaran Dana Desa (DD)  tahun 2019 yang jumlahnya 1,1 miliar.

“Untuk anggaran Dana Desa tahun 2019 kemarin kami mendapat 1,1 milar, anggaran itu kita fokuskan untuk memperbaiki infrastruktur seperti pembuatan gorong-gorong dan talud serta perbaikan fasiltas umum seperti jembatan dan pengaspalan jalan,” kata Sukarno.

Dia berharap dengan perbaikan infrastruktur itu dapat membawa dampak yang baik untuk warga dan bisa meningkatkan roda perekonomian masyarakat.

“Kalau jalannya bagus, gorong-gorong dan taludnya sudah ditata jembatanya dibangun kokoh tentunya masyarakat akan lebih nyaman saat beraktivitas dan bekerja,” ujar Kades Cengkalsewu.

Sukarno menambahkan untuk anggaran Dana Desa tahun 2019 memang banyak dialokasikan untuk pembangunan fisik namun untuk alokasi Dana Desa tahun ini tidak semuanya akan di fokuskan untuk pembangunan saja, namun juga untuk meningkatkan kesejahteraan desa.

“Tahun ini alokasi Dana Desa untuk Desa Cengkalsewu angaranya mengalami peningkatan sebesar 5% , tahun lalu mendapat 1,1 milar, untuk tahun ini mendapat 1,150 miliar,” terang Sukarno.

Lebih lanjut dia mengatakan,  alokasi dana desa tahun ini akan digunakan untuk peningkatakan kesejahteraan desa sebagaimana disarankan oleh pemerintah pusat  seperti untuk membesarkan  badan usaha milik desa (Bumdes) dan membangun lapangan pekerjaan untuk warga.

“Saat ini  kami sudah punya Bumdes yang bergerak dalam usaha penyewaa alat proyek, Alhamdulilah sudah berjalan, tinggal nanti kedepannya kita  akan membuat badan usaha lainya yang tentu harapanya bisa melibatkan warga agar dapat membantu meningkatkan perekonomianya,” kata Sukarno. (ard/gus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »