Langganan Juara, Selalu Disegani Lawan

Monday, February 24, 2020
KOMPAK: Tim voli putra SMP N 1 Kayen bangga menunjukan tropi juara yang diraih dalam turnamen Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kabupaten Pati tahun 2019/2020.
PATI - Prestasi siswa SMP N 1 Kayen dibidang olahraga bola voli memang tidak perlu diragukan lagi. Terbukti dari banyaknya koleksi tropi juara yang diraih dari berbagai event kejuaraan. 

Bahkan, belum lama ini tim voli Putra SMP N 1 Kayen kembali memboyong tropi piala juara 1 dari  turnamen Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kabupaten Pati tahun 2019/2020.

Kepala SMP N 1 Kayen, Masturi mengatakan bidang olahraga voli memang menjadi salah satu bidang  yang diunggulkan di sekolahnya. Setiap tahun anak-anak didikya tidak pernah absen menjadi juara dan selalu pulang membawa tropi.

“Selama tiga tahun berturut-turut,  tim voli putra kami selalu meraih juara. Yang  baru-baru ini adalah menjuarai  kejuaraan voli di O2SN tingkat Kabupaten Pati , dan menjuarai turnamen yang diadakan oleh SMK Bhina Tunas Bhakti (BTB) Juwana,” katanya.

Untuk mempertahankan prestasi tersebut, menurut Masturi bukan perkara yang mudah. Dibutuhkan pembinaan yang intens pada siwsa yang tergabung dalam tim, dan selalu memberi motivasi kepada anak agar tidak kehilangan semangat mental juaranya.

“Untuk menunjang prestasi siswa, kami sengaja mendatangkan pembimbing atau pelatih voli dari luar sekolah yang benar-benar memiliki kompeten . Dan Alhamdulilah setiap kali  mengikuti turnamen, tim voli putra selalu meraih juara,” ujarnya dengan nada bangga. 

Sementara itu, guru olahraga yang juga menjadi salah satu pembimbing  tim voli SMP N 1 Kayen, Witoyo mengatakan, untuk mendapat pemain-pemain bagus dalam timnya, pihaknya melakukan seleksi untuk memilih siswa yang akan dimasukan dalam tim voli, bagi setiap calon pemain harus memiliki kreteria agar bisa kembangkan kemampuanya.

“Saat tahun ajaran baru kita umumkan kepada siswa yang ingin mengikuti ekstrakulikuler bola voli, setelah terkumpul siswa yang memiliki minat baru kita seleksi. Bagi mereka yang mempunyai bakat dan skil akan dipisahkan dan dimasukan dalam tim inti untuk dilatih lebih fokus,” ungkap Witoyo.

Karena kerap kali menjadi langganan juara, Witoyo mengatakan tim voli binaanya selalu menjadi perhitungan tim lawan saat akan mengikuti turnamen. Bahkan saat technikal meeting banyak tim lawan yang enggan bertemu dengan tim voli dari SMP N 1 Kayen.

“Setiap kali mengikuti turnamen, tim voli putra kita selalu disegani lawan karena kerap menjadi juara. Sebenarnya siwa-siswi di sini (red_SMP N 1 Kayen)  juga banyak yang berprestasi di bidang olahraga lainya.  Seperti silat, karate, taekwondo, dan senam. Tetapi yang selalu menjadi langganan juara memang bola voli,” pungkas Witoyo. (gus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »