DPRD Pati Panggil Pengusaha Hotel Yang Kerjakan Karyawan Dibawah Umur

Thursday, February 13, 2020

 
Ketua DPRD Pati, Ali Badrudin berbicara saat rapat dengar pendapat di ruang rapat gabungan, Kamis (13/2/2020).
PATI – Adanya salah satu hotel di Kabupaten Pati yang mempekerjakan karyawan di bawah umur. Mendapat respon serius dari DPRD Pati. Bertempat di ruang rapat gabungan, Kamis (13/2/2020). DPRD Pati mengundang pengusaha hotel untuk melakukan rapat dengar pendapat.

Dalam penuturannya pemilik hotel menyampaikan, untuk perekrutan karyawannya semua sudah dia serahkan kepada manajemen hotel. Dia juga membenarkan ada salah satu dari karyawannya yang berumur 17 tahun, namun setelah dilakukan pendataan oleh Kepolisian terkait aturan dari ketenagakerjaan, dirinya mengaku kurang tahu akan hal tersebut.

Menurutnya dalam kasus penangkapan ini, di latar belakangi oleh dendam dari mantan karyawan Hotel 21 yang di pecat oleh Manajernya. Sehingga membuat laporan kepada Kepolisian Daerah Jawa Tengah untuk melakukan penyelidikan.

Menanggapi permasalahan tersebut, Ketua DPRD Pati Ali Badrudin mengatakan rapat ini diadakan untuk mengetahui permasalahan dan kronologi perkara dari laporan penyelewengan ketenagakerjaan oleh Manajemen Hotel 21 yang mempekerjakan anak di bawah umur.

“Memang benar bahwa di Hotel 21 ini telah mempekerjakan anak di bawah umur. Yaitu umur 17 tahun sebagai pemandu karaoke dan kasus ini juga sudah masuk ke Polda Jateng tanpa sepengetahuan dari pihak berwajib di wilayah Kabupaten Pati,” katanya.

Dalam hal ini, selain jelas melanggar Undang-Undang perlindungan anak juga melanggar Undang-Undang ketenagakerjaan dan Perda Nomor 8 Tahun 2013 Pasal 65 Huruf E.

“Kami serahkan sepenuhnya kepada Polda Jateng terkait dengan sanksi hukum yang akan diberikan. Karena perkara ini sudah ditangani oleh Polda Jateng dan itu merupakan keterangan dari  pemilik dari Hotel 21,” pungkasnya.(gus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »