Ajarkan Cinta Lingkungan Kepada Anak Didik

Monday, February 24, 2020
Eko Murtiningsih
Menjadi seorang guru IPA di SMP N 2 Wedarijaksa Pati tidak membuat untuk Eko Murtiningsih berpuas diri. Selain mengajar, dirinya juga menularkan kecintaannya akan lingkungan kepada anak didiknya.

Hal itu terlihat ketika dirinya ditunjuk sebagai  koordinator kompetisi sekolah adiwiyata pada tahun 2017 lalu. Saat itu, dirinya langsung membuat gerakan duta adiwiyata di Sekolahnya.
“Awalnya dulu kita mengajak anak didik untuk menjadi duta adiwiyata. Saat itu kita mulai melakukan kegiatan pembibitan, dan juga pembuatan kompos organik,” ungkap wanita kelahiran Pati, 4 Juni 1977 ini.

Kini lanjutnya, ada sekitar 120 anak didik yang sudah dibinanya menjadi duta adiwiyata. Selain diajarkan untuk mencintai lingkungan, mereka juga diajarkan untuk mendaur ulang sampah.

“sekarang sudah ada 120 anak yang kita bina. Namun kita juga punya tim ini sebanyak 42 siswa yang mana mereka sangat serius belajar mencintai lingkungan,” katanya.

Selain belajar di Sekolah, dirinya juga kerap mengajak anak didiknya untuk melakukan bakti sosial. Salah satunya adalah kegiatan pungut sampah, penanaman bibik pohon dan mangrove.

“Belum lama ini kita adakan tanam mangrove dan pungut sampah. Anak-anak juga sangat senang. Jadi kegiatan seperti itu kita usahakan agar juga bisa berguna bagi masyarakat luas,” ujar guru yang berdomisili di  Desa Asempapan, Kecamatan Trangkil, Pati ini.

Dirinya berharap, SMP N 2 Wedarijaksa bisa memperoleh Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi. Selain itu yang terpenting adalah bisa terus mengajarkan cinta lingkungan kepada siswa. (mel/gus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »