169 Sekolah akan Diperbaiki Tahun ini

Sunday, February 23, 2020
FOTO ILUSTRASI: Siswa tengah mengikuti proses kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas.
KUDUS - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kudus akan melakukan perbaikan sekolah di tahun ini. Jumlah sekolah yang akan diperbaiki sejumlah 169, termasuk sekolah jenjang SD dan SMP.

Perbaikan ratusan sekolah ini, merupakan hasil inventarisir yang sebelumnya dilakukan Disdikpora tahun sebelumnya. Dengan mayoritas perbaikan berupa rehab bangunan kelas, terutama perbaikan atap sekolah.

Kasi Sarpras pada Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus Supriyono, mengatakan, perbaikan sekolah ini dianggarkan dalam APBD Kudus 2020. Sebanyak 10 sekolah dikucuri dengan anggaran sebesar Rp. 1.925.000.000. Sementara untuk pokok pikiran (Pokir) terdapat 108 sekolah dengan anggaran sebesar Rp. 21.120.000.000. Serta untuk DAK terdapat 51 sekolah dengan anggaran sebesar Rp. 12.440.000.000. "Sumber dananya beda-beda," lanjutnya.

Untuk detail pelaksanaan, lanjutnya, bahwa hingga kini pihaknya masih menunggu petunjuk teknis dari pusat.
Supriyono juga mengungkapkan, rata - rata perbaikan sekolah dari APBD perpaket pengerjaan bernilai Rp. 200 juta. Sementara untuk DAK rata - rata per sekolah mendapatkan Rp. 75 juta.

Sementara itu, Kepala Disdikpora Kudus Joko Susilo, menambahkan, melihat kondisi sekolah - sekolah yang rusak, pihaknya meminta kepada Komisi D DPRD Kudus agar menyediakan anggaran yang dibutuhkan.

Joko juga mengakui, rata - rata kepala sekolah yang kemarin sempat bertemu dengan Komisi D mengeluhkan kondisi atap dan plafon sekolah. Dari kasus tersebut, diharapkan Komisi D bisa merespon hal tersebut dengan positif. Khususnya bila untuk dana aspirasi bisa lebih fokus perbaikan ke plafon atau atap sekolah.

Bila nanti anggaran yang dibutuhkan masih kurang, Joko menyampaikan bahwa pihaknya akan berupaya untuk menjalin komunikasi dengan Komisi D. Dengan harapan agar ada tambahan anggaran dalam APBD Perubahan mendatang. (mia/gus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »