Dishub Pantau Pesta Nataru Melalui CCTV

Tuesday, December 17, 2019
PANTAU MONITOR: Kepala Dishub Kudus Abdul Halil memantau kondisi arus lalu lintas di Kota Kudus melalui monitor, di ruang kontrol Dishub Kudus.
KUDUS - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus akan terus melakukan pemantauan arus lalulintas, selama perayaan natal dan tahun baru (Nataru) menggunakan kamera pemantau atau closed circuit television (CCTV). Kamera CCTV ini telah terpasang di 23 titik di berbagai perempatan jalan di wilayah Kota Kretek.

Kepala Dishub Kudus, Abdul Halil mengaku sudah dipersiapkan semua kamera CCTV di 23 titik dan sebagian sudah dilengkapi dengan pengeras suara. Namun saat ini, sembilan kamera CCTV di antaranya masih dalam proses perbaikan dan dipastikan dapat berfungsi saat perayaan nataru mendatang.

"Sembilan CCTV masih dalam proses perbaikan,” jelasnya.

Dia menjelaskan, melihat pengalaman sebelumnya, selama perayaan Hari Raya Natal dan tahun baru kepadatan arus lalu lintas selalu terjadi di Kudus. Sehingga keberadaan kamera CCTV itu sangat penting, guna memantau kondisi jalan selain bekerjasama dengan Satlantas Polres Kudus dan instansi terkait.

Menurutnya, kepadatan arus lalu lintas itu terjadi karena saat nataru banyak pemudik yang pulang kampung. Sedang perayaan tahun baru, kepadatan arus lalu lintas disebabkan banyaknya masyarakat, ingin merayakan di pusat keramaian seperti Alun-alun Simpang Tujuh Kudus maupun Balai Jagong.

"Kejadian apapun di jalan, nanti bisa dimonitor melalui kamera CCTV. Dan petugas jaga monitor alan terus melaporkan kejadian yang sedang terjadi,” tandasnya.

Halil menambahkan, keberadaan kamera CCTV tersebut untuk melihat situasi keamanan di Kota Kretek. Agar kenyamanan masyarakat semakin terjamin karena setiap ada tindak kejahatan atau hal-hal yang mengganggu ketertiban, setidaknya bisa membantu aparat kepolisian dalam mengungkap.

Sedang kamera yang dilengkapi pengeras suara, katanya, untuk menertibkan pengendara, saat sedang berhenti di lampu lintas. Jika ada pengendara yang dinilai melanggar tata tertib lalu lintas, bisa langsung diingkatkan oleh petugas jaga di ruang kontrol.

"Semua kamera CCTV bisa mengingatkan pengendara, bagi yang tidak tertib berlalu lintas,” pungkasnya. (han/lis)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »