Bupati Ikut Nyoblos di Raci

Sunday, December 22, 2019
MENCOBLOS: Bupati Pati Haryanto bersama keluarga usai mencoblos di Desa Raci, Kecamatan Batangan, Sabtu (21/12).
PATI - Sebagai salah satu upaya untuk menyukseskan Pilkades Serentak 2019, Bupati Pati Haryanto kemarin ikut menggunakan hak pilihnya di Desa Raci, Kecamatan Batangan. 

"Sejak pagi kami monitoring mulai dari Payang, Tlogomojo, Srikaton, sekalian juga saya menggunakan hak pilih saya di Desa Raci. Untuk memberikan contoh, sekalipun di Raci ini sebenarnya calon tunggal karena yang maju suami-istri, tapi saya tetap berpartisipasi karena kami ingin menjadi salah satu bagian masyarakat yang patuh berdemokrasi," jelas bupati. 

Banyaknya cakades suami-istri, lanjutnya, menunjukkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat cukup tinggi.

"Pembangunan jalan dan pelayanan masyarakat yang baik, menjadikan masyarakat tidak ada pilihan lain dan tidak ada yang berani maju untuk menjadi lawan dalam cakades, sehingga mau tidak mau istri, anak atau lainya maju hanya  untuk sekedar memenuhi syarat," tutur Haryanto. 

Meski telah beberapa kali  melakukan monitoring persiapan jelang pilkades serentak, bupati beserta Forkompimda, kemarin, juga tetap terjun ke lapangan untuk memantau secara langsung pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Pati. 

"Kita telah melaksanakan monitoring mulai H-7 sampai hari H ini dan alhamdulillah semua berjalan lancar. Jika ada insiden kecil-kecil, menurut saya itu satu hal yang biasa karena pilkades memang semacam itu," ujarnya. 

Dari sisi keamanan, bupati pun menilai kesiapannya cukup mampu mengatasi apabila ada gejolak. 

"Atas perintah Kapolda, dari kepolisian tetangga juga diturunkan  untuk memback up beberapa wilayah yang dianggap rawan dalam pelaksanaan Pilkades ini. Tapi alhamdulillah semua lancar," ujar Haryanto. 

Dan hal itu dibenarkan oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Ryco Amelza Dahniel, yang juga kemarin menyempatkan datang Iangsung ke Pati untuk memantau pelaksanaan Pilkades Serentak di Kabupaten Pati. 

Dari tinjauan di lapangan menurut Kapolda, pemilihan kepala desa di Pati ini  pelaksanaanya dinilai aman dan kondusif. 

"Baik surat suara ataupun penjagaan sudah dilakukan sesuai dengan prosedur," terangnya. 
Kapolda juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Pati karena telah turut berpartisipasi dalam pilkades serentak ini secara tertib, aman dan lancar. 

"Kalah atau menang kita tetap saudara , dan semoga masyarakat Pati mendapat pemimpin yang amanah," pungkasnya. (mas/gus/lis)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »