Pelayanan Instalasi Kamar Bersalin RSUD Soewondo Pati Kian Memuaskan

Wednesday, November 06, 2019
RSUD SOEWONDO PATI
PATI - Memiliki slogan menjadi rumah sakit sayang ibu dan bayi, membuat ruang instalasi kamar bersalin RSUD Soewondo Pati terus meningkatkan pelayanannya.  Salah satu yang menjadi andalan di sana adalah kelengkapan alat untuk menunjang proses persalinan.

Direktur RSUD Soewondo Pati, Dr. Suworo Nurcahyono melalui Kepala Ruang Kamar Bersalin Sulasmi mengungkapkan, di kamar bersalin sekarang disediakan 17 tempat tidur yang melayani berbagai jenis kasus persalinan, baik yang normal maupun yang perlu penanganan khusus.

“Di sini kita mampu melayani berbagai kasus, seperti kasus fisiologis, obstetri fisiologis dan patologis. Selain itu, juga menangani ibu hamil yang terinfeksi patogen yang sama. Salah satunya adalah kasus B20 dan HBSAG positif. Yang mana di sini juga tersedia kamar isolasi,” ungkapnya saat ditemui, Rabu (6/11) kemarin.

Banyaknya kasus yang dapat ditangani di RSUD Soewondo juga didukung oleh alat yang canggih. Salah satunya adalah di sana sudah tersedia alat USG 4 dimensi.

“Di sini juga ada bed set monitor, dan berbagai alat canggih lainnya yang mendukung sarana pelayanan di kamar bersalin di kamar bersalin. Selain alat, tenaga medis di sini juga selalu siap 24 jam untuk memberikan pelayanan. Di mana ada 4 dokter spesialis dan 22 bidan,” katanya.

Sebagai rumah sakit rujukan regional tambahnya, RSUD sudah membuat program kerja sama dengan lintas sektor terkait. Salah satunya melakukan kunjungan untuk penjaringan ibu hamil risiko tinggi di wilayah puskesmas.

“Bila terdapat ibu hamil dengan risiko tinggi. Kita sudah membuat komitmen sistem rujukan yang mudah untuk ke rumah sakit, yakni cukup komunikasi dengan telepon di petugas IGD. Dalam proses rujukan ini akan selalu terpantau untuk kondisi pasien sampai ke rumah sakit hingga dipulangkan oleh tim rumah sakit,” imbuhnya.

Setelah itu, lanjutnya masih ada komunikasi berlanjut dengan tenaga kesehatan di puskesmas. Di mana ada grup WA antara bidan koordinasi puskesmas dan semua bidan kepala ruang di Unit Kebidanan RSUD, untuk memantau kondisi pasien yang telah dilakukan perawatan di RSUD Soewondo.

Tak heran, dari semua itu, ruang bersalin memiliki kunjungan yang tinggi. Yang mana setiap bulan ada ratusan ibu yang melahirkan di RSUD Soewondo Pati.

“Semoga dengan pelayanan yang maksimal, kita bisa terus dipercaya masyarakat. Khususnya warga Kabupaten Pati,” harapnya. (mel/lis)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »