Suharto Berkomitmen Sejahterakan Warga Temulus

Sunday, September 29, 2019
FOTO BERSAMA: Balon Kades Suharto beserta istri foto bersama warga Desa Temulus usai mendaftarkan diri di Balai Desa Temulus, Sabtu kemarin.
KUDUS - Pemerintah Desa Temulus, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, tahun ini bakal menggelar pemilihan Kepala Desa (Kades) Serentak 2019. Sampai berita ini diterbitkan, informasi yang didapat di lapangan, baru dua warga yang sudah mendaftarkan diri sebagai .Bakal Calon Kades Temulus periode 2019-2025. 

Dua warga itu adalah Purwati selaku petahana dan sudah menjabat sebagai Kades Temulus selama dua periode. Kemudian Suharto anggota non-aktif Kodim 0722/Kudus, dengan tugas terakhir sebagai Babinsa Desa Gulang, Kecamatan Mejobo. 

Saat ditemui wartawan Jateng Pos Biro Pati, salah satu Bacakades Temulus, Suharto mengaku berniat mencalonkan diri sebagai Kades Temulus karena ingin mensejahterakan masyarakat Desa Temulus melalui program unggulannya. Komitmen itu juga sudah disampaikan kepada warga desa setempat dalam acara 'Ngopi Bareng', Sabtu (28/9) malam kemarin.

"Saya berniat mencalonkan diri sebagai kades, karena ingin mensejahterakan masyarakat melalui visi dan misi yang menjadi program unggulan," ungkap pria berpangkat Sersan Satu (Sertu) TNI AD.

Jika terpilih, lanjutnya, ia akan mewujudkan visinya yaitu "Menuju Temulus yang Religius, Sejahtera, Adil dan Bermartabat dengan berbasis Partisipasi Masyarakat". Sedangkan untuk misinya, terbagi menjadi lima bidang terdiri dari bidang pelayanan, infrastruktur, pertanian, sosial kebudayaan dan keagamaan serta kepemudaan dan kewirausahaan.

Suharto memaparkan, pada bidang pelayanan yang menjadi salah satu program unggulannya yaitu akan memberikan sistem pelayanan yang cepat, efektif, dan transparan serta bersih dari pungutan liar. Selain itu, akan menyediakan mobil ambulans untuk masyarakat yang sakit. Di bidang infrastruktur, bakal menciptakan pembangunan desa berkualitas berbasis produktivitas ekonomi dan partisipasi masyarakat.

‘’Pada bidang pertanian, saya ingin mengoptimalkan lahan tidur yang selama ini saya melihat tidak tersentuh oleh pemimpin sebelumnya,’’tandasnya.

Tidak cukup itu, pada bidang sosial budaya dan keagamaan, bapak tiga anak ini berkomitmen akan menyalurkan bantuan sosial dengan tepatsasaran. Kemudian pada bidang kepemudaan dan kewirausahaan, saat terpilih nanti akan mengadakan pelatihan keterampilan kewirausahaan untuk pemuda dan masyarakat.

‘’Saya juga akan membuat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan membangun sarana olahraga untuk kegiatan masyarakat,’’ paparnya.

Dia menambahkan, ketika nanti terpilih dan mendapat amanah dari masyarakat menjadi Kades Temulus, sebagai seorang pemimpin akan memberikan contoh yang baik kepada bawahannya dan siap memberikan pelayanan utnuk warga selama 24 jam. Dengan demikian, tidak ada warga yang merasa kesulitan mendapat pelayanan dari Pemdes.

‘’Saya siap jadi pelayanan masyarakat,’’tandasnya.

Sementara, Ketua Tim Pemenangan Suharto, Doni Asrikin berharap Suharto tidak lupa terhadap janjinya ketika nanti terpilih mejadi Kades Temulus. Jika suatu saat dilihat melenceng dari tugas pokonya, pihaknya siap bertanggung jawab dan akan memberikan teguran.

"Kami ingin masyarakat ini diwongke (dimanusiakan). Artinya, masyarakat harus dilibatkan untuk membangun desa yang sejahtera, adil dan bermartabat. Warga juga jangan dipersulit,’’ ujarnya.

Terpisah, Tokoh Pemuda Desa Temulus, Sulikan mengatakan, selama ini gerasi muda Desa Temulus merasa gelisah karena selama 12 tahun terakhir ini tidak adanya prestasi yang tercipta. Sehingga muncul gagasan harus ada pergantian sosok pemimpin yang baru, mengingat ada banyak hal yang perlu ditingkatkan. 

‘’Bukan berarti kami tidak menghargai apa yang sudah dilakukan kades yang lama. Hanya, kami dari pemuda ingin sosok pemimpin yang memililiki kualitas dan suasana yang baru,’’ jelasnya. (han/lis/bis)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments