Pimpinan DPRD Kudus Periode 2019-2024 Resmi Dilantik

Wednesday, September 25, 2019
UCAPAPAN SELAMAT: Plt Bupati Kudus HM Hartopo memberikan selamat kepada Pimpinan DPRD Kudus Periode 2019-2024 yang baru dilantik di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Kudus kemarin.
KUDUS - Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus Masa Keanggotaan 2019-2024 resmi dilantik di ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Kabupaten Kudus, Selasa (25/9) malam kemarin. Pengambilan sumpah janji jabatan dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Kudus Rudi Fakhrudin Abbas.

Pada pelantikan tersebut, dihadiri Plt Bupati Kudus M Hartopo, anggota DPRD Kudus sebanyak 38 orang, jajaran Forkopimda Kudus, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Kudus, camat, kepala desa (kades) dan tamu undangan lainnya.

Sebelum pengambilan sumpah jabatan oleh Ketua PN Kudus, Sekretaris Dewan (Sekwan) Kabupaten Kudus Jadmiko Muhardi Setiyanto membacakan Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Tengah Nomor 170/100 Tahun 2019 tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan DPRD Kabupaten Masa Jabatan Tahun 2019-2024.

Pada surat keputusan itu, memutuskan dan menetapkan Masan dari Fraksi PDIP Kudus menjadi Ketua DPRD Kudus periode 2019-2024, didampingi Ilwani dari Fraksi PKB yang ditunjuk sebagai wakil ketua bersama Tri Erna Sulistyawati dari Fraksi Partai Golkar dan Sulistyo Utomo dari Fraksi Pratai Gerindra. Keputusan Gubernur ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan di Semarang pada 19 September 2019 yang ditandatangani Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jateng.

Dalam sambutannya, Plt Bupati Kudus Hartopo mengucapkan selamat atas dilantiknya pimpinan DPRD Kabupaten Kudus Periode 2019-2024. Pada pengucapan sumpah/janji ini untuk menjadi komitmen bersama. Kemudian sesuai dengan Undang-undang Nomor 17 Tahun 2004 yang diubah dalam Nomor 2 Tahun 2018 tentang DPRD Kudus. Anggota dewan ini memiliki tugas pokok dan fungsi penganggaran dan pengawasan.

"Untuk itu, pemkab dengan anggota DPRD Kudus tidak ada yang saling mengadu domba. Atau memunculkan konflik pribadi maupun secara umum,’’ ujar Hartopo.

Pihaknya berharap, Pemkab Kudus dengan wakil rakyat ini bisa bekerja sama dan saling menjaga integritas serta kemitraan. Sehingga akan tercipta kondisi yang kondusif di Kabupaten Kudus."Dan juga adanya perbaikan yamg dikehendaki, agar bisa saling sinergi antara pemkab dengan DPRD Kudus," tandasnya.

Terpisah, Ketua DPRD Kudus Periode 2019-2024, Masan mengucapkan rasa syukurnya berkat rahmat Allah, kegiatan pelantikan sumpah/janji Pimpinan DPRD Kudus berjalan dengan tertib dan lancar.

"Semoga amanah dan tanggung jawab yang diberikan kepada wakil rakyat yang baru dilantik, dapat dijalankan dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat,” kata Masan didampingi Wakil Ketua DPRD Kudus dari Fraksi Partai Gerindra Sulistyo Utomo.

Lebih lanjut Masan mengatakan, setelah pelantikan ini, pimpinan DPRD Kudus konsentrasi pada pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD). Pembentukan AKD ditargetkan tuntas pada pekan depan, karena dalam pekan ini masih dalam proses persiapan.

"Kalau bisa selesai minggu ini akan kami selesaikan,” imbuhnya.

Menanggapi arahan Plt Bupati Kudus M Hartopo, Masan menjelaskan anggota dewan mempunyau tugas pokok dan fungsi yang jelas, yaitu budgeting, controling dan legislasi. Pihaknya meminta kepada seluruh dewan agar menjalankan tupoksinya itu dengan baik sesuai perundang-undangan yang ada.

"Kalau ada hal-hal yang melenceng itu dilakukan oleh oknum. Saya berharap kepada seluruh anggota, agar menjalankan tupoksinya sesuai perundang-undangan yang ada,” pungkasnya. (han/lis)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »