Kegiatan Posyandu di Ngembalrejo Diintensifkan

Wednesday, September 18, 2019
POSYANDU BALITA: Kegiatan di Posyandu Balita saat kegiatan Pembinaan Posyandu Tingkat Kabupaten Kudus 2019.
KUDUS - Pemerintahan Desa (Pemdes) Ngembalrejo, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, menggalakkan program pemberdayaan masyarakat sebagai salah satu upaya menyejahterakan warga. Salah satunya yaitu kegiatan posyandu yang menargetkan ibu hamil, balita, dan warga lanjut usia (lansia) sebagai sasarannya.

Kepala Desa Ngembalrejo Zakaria mengatakan, kesadaran warga akan pentingnya mulai meningkat setelah diadakannya kegiatan posyandu balita dan lansia. Meskipun belum mencapai angka presentase yang diharapkan, pihaknya optimis bahwa tingkat kepedulian masyarakat akan kesehatan akan terus meningkat dengan adanya kegiatan ini.

“Kita ingin menjemput bola. Kan saya lihat banyak lansia yang ke puskesmas untuk periksa kesehatan, itu saya prihatin melihatnya. Maka dari itu saya menjemput bola, saya adakan posyandu lansia dan balita,” ujarnya kepada Jateng Pos.

Zakaria juga memaparkan, program kesehatan untuk balita dan lansia selalu dilakukan rutin setiap bulannya. Baik pengecekan kondisi kesehatan maupun konsultasi kesehatan mengenai keluhan-keluhan yang muncul dari warga setempat. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kondisi buruk yang tidak diinginkan.

 “Jadi semisal ada warga tidak punya penyakit yang menular, tapi tiba-tiba terkena kolestrol atau jantung itu kan harus diantisipasi. Jadi, ini saya kepingin warga saya sebelum sakit itu mereka sudah tahu kalau penyakit ini tanda-tandanya bagaimana dan harus berbuat apa. Kalau tidak begitu, nanti terserang atau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kan kita tidak tahu,” tuturnya.

Saat ini sudah ada 6 posyandu yang beroperasi aktif di 6 RW  Desa Ngembalrejo. Pihaknya mengaku mengupayakan setiap RW harus memiliki posyandu masing-masing, sehingga kegiatan posyandu terlaksana dengan baik. Meskipun saat ini, untuk tempat kegiatan posyandu rutin masih bertempat di rumah-rumah warga. (mii/lis)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »