Siswa Diberikan Wawasan Tentang Kepramukaan

Monday, August 26, 2019
UPACARA : Pembina upacara memberikan sambutan terkait dengan pramuka.
PATI - Berbagai element masyarakat, khususnya di instansi pendidikan mengadakan upacara bendera pada Hari Pramuka yang berlangsung belum lama ini. Seperti halnya yang ada di SDN Gesengan 01, Kecamatan Cluwak, Pati, yang juga menggelar upacara bendera.

Pada kesempatan tersebut, Pembina Upacara Agil Purwanto menyampaikan kepada peserta upacara mengenai sejarah dan tujuan dari pramuka. Untuk perkembangan Pramuka di Indonesia sendiri, katanya, terjadi pada tiga periode, yaitu mulai dari masa penjajahan Belanda, masa penjajahan Jepang, dan paska kemerdekaan Indonesia.

"Gerakan Pramuka Indonesia lahir pada tahun 1961, merujuk pada Keppres RI No. 112 Tahun 1961 tanggal 5 April 1961, tentang Panitia Pembantu Pelaksana Pembentukan Gerakan Pramuka.Organisasi kepanduan ini kemudian diperkenalkan secara resmi kepada masyarakat Indonesia pada 14 Agustus 1961, tak lama setelah Presiden RI memberikan anugrah Panji Gerakan Pramuka melalui Keppres RI Nomor 448 Tahun 1961. Sejak saat itu, tanggal 14 Agustus dianggap sebagai Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka dan diperingati setiap tahun hingga saat ini," ujarnya.

Dirinya menyampaikan, pada dasarnya kegiatan Kepramukaan memiliki tujuan untuk melatih generasi muda agar memaksimalkan setiap potensi yang ada di dalam dirinya, baik itu intelektual, spiritual, sosial, dan fisik.

"Kalau mengacu pengertian di atas, tujuan dari pramuka itu di antarnaya membentuk karakter atau kepribadian dan akhlak yang mulia para generasi muda sejak dini. Kemudian, juga menanamkan rasa cinta tanah air dan bangsa," imbuhnya.

Selanjutnya, melalui pramuka juga bertujuan untuk menggali potensi diri dan meningkatkan keterampilan peserta didik, sehingga menjadi individu yang bermanfaat bagi masyarakta dan Negara.

Dirinya berharap, nilai-nilai positif yang ada di kepramukaan ini bisa diterapkan oleh peserta didik. Baik itu terkait dengan kedisiplinan, kemandirian, keterampilan dan lain sebagainyya. (lis)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »