Semarakkan Kirab Budaya Bajomulyo

Thursday, August 29, 2019
BUSANA DAYAK : Peserta kirab mengenakan busana adat Dayak.
PATI - Kegiatan sedekah bumi di Desa Bajomulyo, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, yang berlangsung pekan lalu disemarakkan dengan kirab budaya. Kirab tersebut diikuti warga dari berbagai rukun tetangga (RT) yang ada di desa tersebut.

Beragam kreativitas ditampilkan warga pada acara yang digelar pada Minggu (25/8) lalu.Seperti halnya, busana carnival, drum band, senam kreasi, berbagai replika, dan lain sebagainya.

Dari perwakilan masing-masing RT berupaya menampilkan kreasi dengan seapik mungkin pada acara kirab budaya tersebut. Seperti halnya yang ditunjukkan RT 3 RW 02.

"Semaksimal mungkin kami berupaya tampil dengan kreasi yang bagus. Karena ini merupakan salah satu kebanggaan kami bisa ikut meramaikan kegiatan sedekah bumi Desa Bajomulyo," ujar Ketua RT 3 Sudarno.

Bahkan, keikutsertaan warganya pada acara kirab budaya tersebut, katanya mendapatkan predikat grup yang paling terheboh dengan penampilan tari dan busana bernuansa Dayak.

Dalam karnaval tersebut, pihaknya sengaja mengusung tema budaya Dayak yyang dirasa menarik. Baik dari segi busana yan dikenakan maupun tariannya.

"Namun demikian, yang paling penting adalah, bagaimana warga bisa kompak untuk turut serta meramaikan kegiatan yang ada di desa.Bagi kami yang terpenting adalah rasa guyub rukun antarwarga. Karena dengan hal-hal seperti ini, bisa memupuk rasa kebersamaan warga, khususnya di Desa Bajomulyo," ungkapnya.

Dirinya juga menyatakan, jika kebersamaan sangat penting dalam rangka untuk menjadikan desa menjadi lebih maju dan sejahtera. Sebab, warga menjadi penggerak bagi desanya dalam berbagai hal.

Dirinya juga mengapresiasi warga yang antusias untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Tidak hanya warga yang sudah dewasa, namun banyak remaja yang peduli untuk ambil bagian dalam kirab budaya itu.(lis)



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »