Semarak Agustusan di Desa Pasuruhan

Thursday, August 22, 2019
MAKAN KERUPUK : Lomba makan kerupuk yang diikuti oleh anak-anak.
PATI - Berbagai cara dilakukan untuk menyemarakkan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia. Seperti halnya yang dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Pasuruhan, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati. Pada moment HUT Kemerdekaan RI ini, pemdes setempat juga menggelar beragam kegiatan.

Kepala Desa Pasuruhan Warsito menyampaikan, ada berbagai kegiatan lomba yang digelar di desanya. Di antaranya adalah lomba voli antardesa di Kecamatan Kayen, lomba olahan labu kuning, panjat pinang,makan kerupuk, membawa kelereng, memasukkan pensil dalam botol, tarik tambang dan lain sebagainya.

"Ada banyak sebenarnya lomba yang kita gelar. Yang jelas, lomba-lomba ini khas Agustusan. Seperti tarik tambang, makan kerupuk, balap karung dan lain-lain. Ini tak lain untuk menyemarkkan HUT Kemerdekaan RI," ujarnya.

Menurutnya, lomba-lomba yang digelar tersebut, pemerintah desa setempat dibantu oleh mahasiswa yang melakukan kuliah kerja nyata (KKN) di desanya. Sehingga, acara lomba Agustusan bisa lebih meriah.

Dengan adanya lomba itu, pihaknya berharap, masyarakat khususnya di Desa Pasuruhan bisa kembali mengenang perjuangan para pahlawan dalam memerdekaan Negara Indonesia dari penjajah. 

Yang tak kalah penting katanya, bagaimana, masyarakat bisa memetik nilai-nilai perjuangan itu dan kemudian mampu merefleksikan kembali ke dalam kehidupan sehari-hari. Yakni, bagaimana bisa meneruskan perjuangan tersebut sesuai dengan caranya masing-masing.
Lebih lanjut ia sampaikan, melalui lomba tersebut juga diharapkan bisa menjadi wadah untuk mempererat persatuan antarwarga. Sehingga, nantinya bisa bersama-sama membangun Desa Pasuruhan menjadi lebih maju.

"Persatuan ini sangat penting. Kalau kita bersatu dan guyub rukun, saya yakin desa kita bisa maju dan mampu bersaing dengan desa-desa lainnya," pungkasnya. (lis)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »