Aktif Jadi Kader Posyandu Remaja

Wednesday, July 17, 2019
SHARING: Sharing Kesehatan oleh para kader Posyandu Remaja Mega Taruna Desa Megawon, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus.
KUDUS - Suci Nooryanti, Ketua Posyandu Remaja Mega Taruna dari Desa Megawon, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, menginspirasi banyak remaja untuk peduli dengan kesehatan.

Posyandu Remaja yang diluncurkan dari program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ini sudah berjalan aktif sejak Desember 2018 silam. Muncul dari kasus yang dialami oleh para remaja yang memiliki masalah kesehatan, utamanya serangan anemia yang rawan terjangkit di usia-usia mereka.

Salah satu pionir, yang berkecimpung dalam kegiatan kesehatan yang rutin dilangsungkan setiap bulan adalah Suci, sapaan akrabnya, yang juga merupakan anggota dari karang taruna desa setempat.
Dara kelahiran 26 Maret 1996 mengaku, tergerak menjadi bagian dari Posyandu Remaja karena ingin mengetahui kesehatan remaja desa dan mengecek kesehatan diri yang penting dilakukan dengan rutin.

“Yang menarik ikut posyandu remaja kita bisa setiap bulannya cek kesehatan dan sharing kesehatan, dengan didampingi oleh bidan desa dan tenaga kesehatan dari Puskesmas Ngembal Kulon,” ujarnya kepada Jateng Pos.

Dari wadah tersebut, lanjutnya, juga dapat menjadi sarana untuk mencegah secara dini deteksi masalah kesehatan yang dialami oleh remaja. Pun, juga untuk melihat presentase tingkat kesehatan remaja di Desa Megawon, demi mewujudkan harapan desa untuk masyarakat yang sejahtera.
“Sebelumnya di Desa Megawon sudah ada Bina Kesehatan Remaja(BKR), tetapi untuk memberikan wadahnya maka dibentuklah Posyandu Remaja dengan bimbingan dari desa dan Puskesmas Ngembal Kulon,” imbuhnya.

Katanya, belum banyak remaja yang ikut tergerak untuk berpartisipasi dalam program ini. Sehingga, diharapkan kedepannya akan ada lebih banyak remaja yang tergerak untuk ikut peduli dengan kesehatan di desanya. (mii/lis)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »