Tiga Parpol Laporkan Dana Kampanye Nol Rupiah

Thursday, January 03, 2019

Perwakilan dari DPC Partai Demokrat Pati, saat menyerahkan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) kepada KPU Pati. FOTO: AGUS RIYANTO/JATENG POS
INFOJATENGPOS/PATI - Proses penerimaan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) oleh Partai politik (parpol) peserta pemilu 2019, ternyata tak semuanya melaporkan dengan nominal tinggi. Bahkan ada tiga dari 16 parpol yang dalam laporannya sama sekali tidak mempunyai penerimaan sumbangan dana kampanye.

Komisioner KPU Pati Supriyanto mengatakan, dari 16 parpol setidaknya ada tiga parpol yang menyerahkan LPSDK dengan nominal 0 rupiah. Tiga partai itu yakni Garuda, PSI dan PKPI. Namun, ada ataupun tidak ada dana sumbangan, itu bukan kewenangan KPU. Yang jelas, parpol peserta pemilu sudah menyerahkan LPSDK ke KPU.

“Penyerahan LPSDK ini memang kami berikan waktu satu hari, yakni pada 2 Januari  kemarin. Sehari setelah penyerahan, KPU berkewajiban untuk mempublikasikan itu. Dan hari ini, kami sudah mempublikasikan itu,” ungkapnya, Kamis (3/1).

Sementara dalam laporannya, untuk partai yang paling tinggi LPSDK adalah PKB yang disusul kemudian PPP. Bahkan, kedua partai itu mendapatkan lebih dari Rp 250 juta yang merupakan dana sumbangan untuk kampanye.

Ada juga partai yang dalam laporannya mendapatkan sumbangan sebanyak Rp 2.288 yakni partai PAN. Sementara partai yang lainnya lebih dari Rp 10 juta.

Lebih dari itu, rata-rata dari parpol, penerimaan dana sumbangan kampanye itu adalah berasal dari para calon lelislatif yang akan berkontestasi dalam pemilihan 2019. Namun ada juga dana sumbangan diluar caleg yang juga disertakan dalam laporan.

Sementara untuk untuk penyerahan LPSDK oleh tim kampanye daerah pemilihan presiden dan wakil presiden, justru nominalnya lebih sedikit. Untuk tim kampanye capres nomor urut satu sebanyak Rp 1.525.000, sedangkan capres nomor urut dua sebanyak Rp 286.000.

“Semua parpol dan tim kampanye capres cawapres yang ada di daerah, tercatat sudah menyerahkan LPSDK ke KPU Pati. Dan kami sudah menerima bersama dengan Bawaslu Pati,” tandasnya. (gus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »