Investasi Puluhan Juta Dollar Serbu Rembang

Tuesday, January 08, 2019
INDUSTRI: Bangunan pabrik sepatu di sebelah embung Rowosetro, Desa Tireman Kecamatan Rembang diproyekikan akan menyerap 10 ribuan karyawan.FOTO : SOVA / JATENG POS
INFOJATENGPOS/REMBANG - Pihak pabrik sepatu asal Korea PT Seng Dam Jaya Abadi yang membangun pabrik di sebelah timur Embung Rowosetro Rembang, akan mulai merekrut tenaga kerja sekira bulan Maret 2019 mendatang. Demikian dibeberjan Bupati Rembang, Abdul Hafidz, saat berdialog interaktif di stasiun radio lokal baru-baru ini.

Bupati Hafidz mengaku, aat berkomunikasi dengan investor pabrik sepatu, mereka menyebutkan pada tahap pertama ini baru akan merekrut antara 1.000 – 1.500 orang tenaga kerja. Nantinya diprioritaskan bagi warga desa ring satu pabrik, semisal Desa Pasar Banggi, Desa Sridadi dan sekitarnya.

“Seperti kita lihat bersama, pembangunan pabrik sepatu hampir selesai. Bulan Maret kabarnya perekrutan tenaga kerja akan dimulai. Kenapa prioritas ring 1, karena prinsip saya di mana ada perusahaan, di situ harus ada kesejahteraan warga. Akan kita tekan kesana nanti,“ ungkap Bupati Hafidz.

Tak hanya pabrik sepatu, kata dia, pabrik gula pasir dengan investor PT. Wadah Karya Rembang (WKR) di pinggir jalan raya Rembang – Blora, Desa Kemadu Kecamatan Sulang, juga akan segera dibuka.

Menurut dia, investor telah menyelesaikan pembangunan akses jalan masuk. Bulan April tahun ini dilanjutkan pembangunan fisik pabrik dan targetnya tahun 2020 mulai beroperasi.

“Akses jalan sudah selesai dibikin, kemudian bangun pabriknya bulan April mas. Kalau operasional pabrik sejak awal memang disampaikan tahun 2020, jadi menurut saya sudah sesuai target rencana ini, sebagaimana yang pernah disampaikan kepada Pemkab, “ imbuhnya.

PT.Seng Dam Jaya Abadi sebagai investor pabrik sepatub erencana investasi sebesad 11,9 juta US Dolar.Saat ini pembangunan fisik gedung atau bangunan pabrik diperkirakan sudah mencapai 70 persen, dengan nilai investasi yang telah terealisasi sebesar US$ 6 juta. 

Ditargetkan Februari 2019 pemasangan peralatan mesin, sehingga diperkirakan bulan Maret 2019 pabrik sepatu olahraga ini akan beroperasi. Dalam pelaksanaannya perusahaan tersebut nantinya akan menyerap tenaga kerja 10 ribu orang secara bertahap.

Sedangkan PT. Wadah Karya Rembang (Pabrik Gula) menanam investasi sebesar Rp. 201.500.000.000,- Perkembangan pelaksanaan pembangunan fisik sampai dengan periode sekarang yaitu pembangunan infrastruktur jalan dan sarana prasarana pendukung produksi seperti jalan masuk area pabrik (cor beton). Office , Workshop, mess karyawan, dan parkiran truk. 

Nilai investasi yang telah terealisasi sebesar. Rp. 51,6 milyar lebih. 2019 akan dilakukan tahap pembangunan gedung / pabrik, sehingga 2020 industri pabrik gula ini dapat beroperasi sepenuhnya menyerap tenaga kerja 200 orang dan menampung tebu dari petani tebu di Kabupaten Rembang.(sov)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »