Gusdurian Pati Hibur Lansia

Tuesday, January 15, 2019
SOSIAL : Ketua Komunitas Gudurian Pati, Edy Siswanto bersama Kyai Heppy Irianto, saat mengunjungi Oma dan Opa penghuni Wisma Lansia di Pati. FOTO : AGUS RIYANTO/JATENG POS

PATI-  Komunitas Gusdurian Pati mengunjungi para lansia yang tinggal Wisma Lansia Panti Rukmi, di Jl Panglima Sudirman No 203, Kota Pati.

Kunjungan itu dalam rangka kegiatan sosial, sekaligus sebagai rangkaian kegiatan Perayaan Natal dan Tahun baru.

Ketua Komunitas Gusdurian Pati, Edy Siswanto mengatakan, dalam kegiatan tersebut, dia sengaja mendatangi tempat penitipan orang-orang jompo itu untuk menghibur dan berbagi kebahagian kepada mereka.

" Acara ini adalah rangkaian kegiatan Gusdurian Pati dalam rangka merayakan Natal dan Tahun Baru. Kami sengaja datang ke Wisma Lansia ini untuk berbagi kasih dengan para lansia yang tinggal disini," kata Ketua Gusdurian Pati, yang juga akrab disapa Edi Kubota, itu.

Pada kunjunganya kemarin, Gusdurian Pati juga membuatkan acara spesial untuk para Opa dan Oma yang tinggal di Wisma. Bertempat di gedung Kesusteran yang berada di komplek Bihara San Damiano, para Oma dan Opa diajak untuk bersuka cita, bercengkrama sambil bernyanyi bersama.

" Ini adalah wujud kepedulian kami terhadap sesama. Karena dalam Gusdirian tidak pernah memandang Ras, Suku, Agama, warna kulit dan usia,"  jelas Edy.

Para Oma dan Opa ini, lanjut Edy, adalah Orang-orang tua yang berada jauh dengan sanak keluarganya. Karena anak-anak yang mereka besarkan dulu dengan penuh kasih sayang, memilih untuk tinggal jauh dari mereka.

" Dalam hati mereka pasti merasa kesepian, aktifitas keseharian mereka juga pasti monoton, karena tidak banyak lagi yang bisa dilakukan. Karena itu, kedatangan kami untuk menghibur mereka," kata Edy.

Sementara itu, Suster Katarina Wahyuni, (55), selaku pengasuh di Wisma Lansia Panti Rukmi, Pihaknya sangat berterima kasih kepada Komunitas Gudurian Pati. Karena selama ini jarang ada yang memperhatikan keberadaan para lansia, apalagi sampai mengadakaan acara untuk berbagi kebahagian.

" Tentunya kami sangat berterima kasih atas kepedulian yang diberikan komunitas Gusdurian Pati. Kegiatan semacam ini memang sangat bermanfaat, setidaknya dapat menambah semangat Opa dan Oma yang tinggal di Wisma Lansia ini," ujar Suster Katarina.

Di wisma lansia Panti Rukmi, saat ini dihuni sebanyak 20 orang lansia dan 12 suster. Selain mendapatkan fasilitas tempat tinggal dengan lingkungan yang nyaman, setiap harinya para lansia mendapat pembelajaran rohani dari para suster pengasuh.

"Mereka juga diajari bermain alat musik angklung dan bernyanyi lagu-lagu rohani untuk refresing agar tidak jenuh," tutup Suster Katarina. (gus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »