Bupati Haryanto Salurkan Bantuan Bedah Rumah

Tuesday, January 08, 2019
BAKSOS : Bupati Pati Haryanto, melakukan peletakan batu pertama sebagai simbolis penyerahan bantuan bedah rumah kepada Basinah, (55), warga Desa Mojoaagung, Kecamatan Trangkil, Selasa (8/1).FOTO : AGUS RIYANTO/JATENG POS

PATI- Bupati Pati Haryanto, menghadiri proses bedah rumah milik warganya yang kurang mampu di Desa Mojoagung, Kecamatan Trangkil, Selasa (8/1).

Pada kesempatan itu, Haryanto juga menyempatkan untuk melakukan peletakan batu pertama sebagai simbolis dimulainya pembangunan rumah milik Basinah (55) warga desa setempat selaku penerima bantuan.

Dalam sambutanya, Bupati Haryanto mengatakan, bantuan bedah rumah itu adalah progam bantuan dari Amil Zakat Nasional (Baznas).

" Hhari ini kita telah menyalurkan bantuan bedah rumah untuk Bu Basinah di 
Desa Mojoagung, Kecamatan Trangkil. Alhamdulilah, selama tahun 2017 hingga 2018, Baznas sudah memberikan bantuan bedah rumah untuk 43 warga kurang mampu yang tersebar di 21 kecamatan di wilayah Kabupaten Pati ," ujar Haryanto

Pada pelaksanaan program bedah rumah ini, setiap warga yang mendapat bantuan diberikan uang sebesar 20 juta yang digunakan untuk memperbaiki rumah tinggalnya. Bantuan itu diberikan kepada penerima bantuan langsung atau panitia pelaksana ditinggkat desa.

"Saya rasa dengan bantuan itu tidak kurang untuk membangun atau memperbaiki rumah. Kalaupun ada kekurangan itupun tak seberapa dan biasanya masyarakat terketuk hatinya, sehingga mereka akan memberikan tambahan bantuan berupa uang, material atau tenaga," ungkap Bupati Pati.

Masih menurut Haryanto, Jumlah yang diberikan oleh Amil Zakat Nasional (Baznas) kali ini cenderung lebih banyak jika dibandingkan dengan bantuan yang biasanya didapat dari program serupa oleh Pemerintah Pusat yang jumlahnya rata-rata hanya10 juta sampai 20 juta.

Setiap penerima bantuan program bedah rumah dari Baznas ini harus melalui verifikasi dan harus memenuhi syarat ketentuan. Meski begitu, program bantuan dari Baznas ini tidak membutuhkan proses berbelit- belit. Bantuan bisa diberikan cukup dari usulan tokoh agama, pengurus Baznas ataupun Bupati.

" Setelah diusulkan maka ada tim verifikasi yang akan mempertimbangkan. Jika memang dirasa benar-benar membutuhkan, maka batuan akan diberikan," jelas Haryanto

Selain bantuan bedah rumah, Amil Zakat Nasional (Baznas) sebagai lembaga yang mengelola zakat ini  juga memberika bantuan modal usaha untuk fakir miskin dan kaum difabel. Termasuk memberikan beasiswa bagi anak dari keluarga kurang mampu. (gus)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »