Belasan Rumah Terendam Air

Friday, January 25, 2019
TERENDAM AIR: Belasan rumah di wilayah RT 1, RT 2 dan RT 4 Rw 3 Desa Tanjungkarang, terendam air yang disebabkan luapan air dari Sungai Gayam. FOTO: BURHANUDDIN FIRDAUS/JATENG POS

INFOJATENGPOS/KUDUS – Belasan rumah dilingkungan RT 1, RT 2 dan RT 4 RW 3 Desa Tanjungkarang Kecamatan Jati Kabupaten Kudus, Jumat (25/1) siang kemarin terendam air luapan Sungai Gayam. Luapan air tersebut, disebabkan hujan deras yang mengguyur Kabupaten Kudus dan sekitarnya sejak pukul 04.30 pagi kemarin.

Ketua RW 3, Suyoto mengatakan, ketinggian air mencapai 30 sentimeter pada pukul 13.00 kemarin. Jika hujan masih mengguyur Kota Kudus, diperkirakan luapan air tersebut terus meningkat. Adapun rumah yang terendam air, terhitung sebanyak 15 unit rumah di lingkungan RT 1, RT 2, dan RT 4.

“Rumah yang terendam air, memang halaman depannya rendah,” kata Suyoto kepada Jateng Pos kemarin.

Menurutnya, terjadinya luapan air di Sungai Gayam, karena gorong-gorong atau saluran airnya sangat sempit. Sehingga air tersebut tidak bisa mengalir, dan menggenag di pemukiman warga. Pihaknya menghimbau kepada warga, untuk terus waspada jika hujan kembali turun dengan intensitas tinggi di wilayah Desa Tanjungkarang.

“Gorong-gorongnya terlalu sempit. Saya menghimbau agar warga selalu waspada, jika hujan deras kembali turun dipastikan air akan terus naik,” tandasnya.

Terpisah, salah seorang warga RT 4 RW 3 Desa Tanjungkarang, Sugiarto mengatakan, banjir ini selalu terjadi tiap musim penghujan tiba. Rata-rata ketinggian mencapai 30 sentimeter, atau setinggi lutut orang dewasa. Akibatya, aktivitasnya bengkel motornya terhenti, karena air sudah mulai masuk rumah dan bengkelnya.

“Setiap tahun selalu banjir, jadi sudah terbiasa,” katanya.

Dia berharap, Pemkab Kudus segera memberikan solusi, agar tidak terjadi banjir lagi. Setidaknnya, Pemkab Kudus melalui dinas terkait, membenahi saluran air, agar saat terjadi hujan lebat bisa langsung mengali ke Sungai gayam.

“Kami berharap kepada pemerintah, segera membenahi gorong-gorong untuk melancarkan arus air dari Sungai Gayam,” pintanya.(han) 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »