WISATA BANJIR AKAN DIKEMBANGKAN DI KAYEN

Saturday, December 15, 2018


NAIK PERAHU : Beberapa orang terlihat naik perahu menelusuri area persawahan. Kedepan, pemdes berencana akan membuat wisata air di area persawahan tersebut. FOTO : KHOLISTIONO/JATENGPOS
INFOJATENGPOS/PATI - Areal persawahan yang ada di wilayah Desa Pasuruhan, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, setiap musim hujan selalu terendam, akibat luapan air sungai.

Menyikapi kondisi itu, Pemerintah Desa (Pemdes) Pasuruhan berencana akan memanfaatkan hal tersebut dengan sesuatu yang positif dan bisa bermanfaat bagi masyarakat. Salah satu langkah yang ditempuh adalah dengan menjadikan area tersebut sebagai wisata air.

"Kondisi seperti ini pasti setiap tahun terjadi. Yakni, air sungai yang meluap kemudian merendam ratusan hektare sawah petani yang ada di wilayah Desa Pasuruhan ini. Nah untuk menyiasati itu, kami berencana akan memanfaatkan area yang terendam air ini untuk objek wisata," ujar Kepala Desa Pasuruhan Warsito.

Terkait dengan rencana itu, dirinya katanya sudah melakukan komunikasi dengan pegiat olah raga kano. Hal itupun, menurutnya mendapatkan respon yang positif dari mereka.

Tak hanya itu, sebelumnya dirinya juga telah membicarakan dengan pemuda setempat terkait wacana pembuatan wisata air. Katanya, hal itupun mendapatkan respon yang baik dan mereka juga tertarik untuk pengembangan wisata air tersebut.

Hal ini pun, katanya sudah dibuktikan dengan menyewakan perahu untuk keliling area persawahan yang kondisinya terendam air.

"Kemarin itu per anak dikenakan biaya Rp 3 ribu rupiah untuk satu kali keliling. Dan itu pun anak-anak sangat senang berkeliling naik perahu," ungkapnya.

Dengan adanya wisata air tersebut, diharapkan nantinya juga bisa menambah penghasilan warga. Untuk alat, katanya, bisa saja menggunakan kano, ban, ataupun perahu yang ukurannya bisa lebih besar.

"Kalau misalkan satu orang dikenakan Rp 3-5 ribu, tentu hal itu bisa memberikan nilai tambah bagi warga yang menyewakan perahu. Apalagi nanti yang berwisata ke sini jumlahnya banyak, tentu hasilnya juga bisa banyak," pungkasnya.(lis/mel)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »