Resmi Jadi Varietas Lokal, Budidaya Buah Kawis Di Rembang Mulai Digalakkan

Wednesday, December 19, 2018
KAWIS : Bupati Rembang Abdul Hafidz menanam pohon kawis.

INFOJATENGPOS/REMBANG - Tanaman buah kawis khas Kabupaten Rembang telah mendapatkan sertifikat tanda daftar varietas tanaman dengan jenis varietas lokal. Dengan diterbitkannya sertifikat oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia, September lalu, maka buah Kawista resmi sebagai milik kabupaten Rembang. 

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dintanpan) Kabupaten Rembang, Suratmin mengatakan, pihaknya telah mendapatkan sertifikat dari Kementerian Pertanian, dengan nama varietas Kawista Rembang. 

Dengan begitu, pihaknya berharap buah kawis ke depannya bisa dikembangkan untuk industri. "Misalnya dikembangkan melalui industri rumah tangga," kata Suratmin.

Berdasarkan data di Dintanpan, saat ini tercatat ada 370 populasi pohon kawista yang ada di seluruh Rembang. Sehingga di tahun  2018 Dintanpan menggalakkan tanam kawista 5.000 batang yang disebar ke 14 kecamatan, melalui Balai Penyuluh Pertanian (BPP).

Sementara itu Bupati Rembang Abdul Hafidz meminta pengembangan pengolahan buah kawis nantinya bisa dikemas menarik.  Pasalnya pasar sangat berminat dengan kemasan yang menarik disamping kualitas rasa. 

"Kita itu kalahnya biasanya soal pak-pakan. Kemasannya. Kalau di luar negeri itu. Sing isine karo adahe larang regane. Ini yang tidak dimiliki oleh kita. Itu yang menarik. Kita kan ndak. Isine wuapik padahal wadahe wuelek. Dadi ya ora payu. Maka kita ini harus bisa merubah. Nak ora isa nggawe adah sing apik. Paling ora ya sing pantes,” ungkapnya. 

Industri rumah tangga di Desa Pasar Banggi dan Desa Tritunggal Kecamatan Rembang dengan pengelolaan potensi sumber daya laut telah menjadi pilot project IRT nasional.yang ada di Rembang, baru-baru ini, dievaluasi oleh Kantor Staf Presiden (KSP). Harapannya di masa mendatang kawis menjadi salah satu potensi lokal yang dapat memberikan efek ekonomi bagi masyarakat.(sov/mel)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »