Rawan Penyimpangan, Ribuan e-KTP Dibakar

Tuesday, December 18, 2018
PEMBAKARAN: Disdukcapil Rembang memusnahkan sebanyak puluhan ribu KTP elektronik (e- KTP), di halaman kantor instansi setempat, Selasa (18/12) pagi. FOTO: AHMAD SHOVA/JATENG POS

INFOJATENGOS/REMBANG- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Rembang memusnahkan sebanyak puluhan ribu KTP elektronik (e- KTP), di halaman kantor instansi setempat, Selasa (18/12) pagi.

Inisiatif pemusnahan tersebut dilakukan, lantaran lembaran e-KTP rawan disalahgunakan. Tak kurang dari 29.200 lembar KTP, dimusnahkan dengan cara dibakar, disaksikan pihak terkait, diantaranya Satpol PP, Camat, dan aparat Kepolisian.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Rembang, Daenuri mengatakan, KTP yang dimusnahkan terdiri dari KTP tidak terpakai dan disimpan di gudang. 

Menurut Daenuri, e-KTP yang dibakar memang benar-benar kartu tanda penduduk yang sudah tidak digunakan, dan diberi tanda dilubangi pada bagian tengahnya.

"Ini sudah saya simpan di gudang, kali ini saya musnahkan. Ini bukan yang terakhir saya mengundang para Camat agar semua bentuk KTP rusak, yang belum dibagikan baik yang ada di Kecamatan dan desa agar diserahkan ke Dukcapil," kata Daenuri.

Daenuri mengaku, masih banyak e-KTP yang tak terpakai yang tersimpan di kecamatan ataupun desa.
Sebab pada tahun 2011 sampai 2013, blangko e-KTP dengan masa berlaku 5 tahun, dikirim dari Jakarta langsung ke kecamatan untuk dicetak.

Namun sejak tahun 2014, e - KTP berubah menjadi seumur hidup, sehingga pencetakannya hanya bisa dilakukan di kantor Disdukcapil saja. Sehingga otomatis, pengiriman blangko eKTP dari Jakarta ke satu tempat. Sedangkan di Kecamatan hanya untuk perekaman.(sov/mel)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »