Puluhan Ribu E-KTP Invalid Di Pati Dimusnahkan.

Friday, December 21, 2018
KTP : Kepala Disdukcapil Kabupaten Pati Rubiyono, saat memusnakan ratusan ribu keping e-KTP yang telah invalid di halaman kantor dinas setempat. AGUS RIYANTO/JATENG POS
INFOJATENGPOS/PATI - Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pati melaukan pemusnahan kepingan e-KTP yang sudah dinyatakan invalid. Proses pemusnahan kartu identitas elektronik sebanyak 22.384 keping itu dilakukan di halaman kantor dinas setempat dengan cara dibakar, Jumat siang (21/12). Sebelumnya pada sepekan lalu, Disdukcapil Pati juga telah memusnahkan 16.554 keping e-KTP.

Menurut Kepala Disdukcapil Kabupaten Pati Ribiyono, jumlah kartu e-KTP yang dimusnahakan kali ini lebih banyak karena diambil dari 21 kantor kecamatan di wilayah Kabupaten Pati, sedangkan pada pemusnahan pekan lalu hanya dari kantor Disdukcapil saja.

"Kali ini yang kita musnahkan cukup banyak karena semua e-KTP yang invalid dari semua kecamatan kita kumpulkan untuk kemudian dimusnahkan dengan cara dibakar," kata Rubiyono.

Masih menurut Kadinas Disdukcapil Pati , pemusnahan e-KTP yang invalid itu adalah tindaklanjut dari surat edaran  Menteri Dalam Negari (Mendagri) pertanggal (13/12) yang memerintahkan agar e-KTP yang sudah tidak berlaku harus segera dimusnahkan. Karena dikhawatirkan dapat disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. 

"Pemusnahan e-KTP ini juga untuk mengurangi kecemasan warga yang takut jika e-KTP yang telah tidak belaku ini dapat digunakan untuk kecurangan dalam Pemilu. Padahal data pemilih sudah tercantum dalam data base, jadi sebenarnya masyarakat tidak perlu merasa khawatir yang berlebihan," tanda Ribiyono.(gus/mel)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »