KPU Kudus Uji Kotak Suara Kardus

Tuesday, December 18, 2018
UJI KEKUATAN: Dandim 0722/Kudus Letkol Inf Sentot Dwi Purnomo melakukan uji kekuatan, dengan menduduki dan berdiri diatas kotak suara kemarin. FOTO: BURHANUDDIN FIRDAUS/JATENG POS

INFOJATENGPOS/KUDUS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus melakukan uji coba kekuatan kotak suara habis pakai, berbahan dasar kardus jenis duplex di Makodim 0722/Kudus, Senin (17/12) pagi kemarin. Hal itu dilakukan, karena sebelumnya muncul polemik, dan masyarakat meragukan kekuatan kotak suara yang informasinya bisa menahan berat hingga 80 kilogram.

Ketua KPU Kudus Naily Syarifah mengatakan, dasar pembuatan kotak suara Pemilu 2019, berbahan dasar kertas karton jenis duplex sesuai undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Ketebalan kertas, juga diatur dalam undang-undang tersebut yakni 0,6 milimeter. Sehingga pihaknya mengeklaim lebih kuat dan kedap air.

"Selain itu efisien, daripada kotak suara berbahan alumunium,” ujarnya.Didalam aturan tersebut, lanjutnya, ukurannya juga sudah diatur yaitu 40x40x60 centimeter. Bahkan undang-undang itu mengamanatkan kotak suara Pemilu 2019 dibuat transparan, serta menimbang berbagai model, bahan, spesifikasi, dan ukuran.

"Tujaun dari transparan, untuk memastikan kotak benar-benar kosong saat hendak pemungutan suara maupun setelah perhitungan suara," urainya.

Terkait adanya polemic, Naily menilai tidak perlu diperdebatkan lebih panjang. Sebab proses pembuatannya sudah diperhitungkan secara matang. Apalagi, terkait ketahanan beban, karena berat surat suara yang masuk tidak lebih 10 kilogram di setiap tempat pemungutan suara (TPS).

"Total kotak suara yang didistribusikan, tahun ini sebanyak 15.345 unit yang tersebar di Kabupaten Kudus," tambahnya.

Sementara itu, Dandim 0722/Kudus Letkol Inf Sentot Dwi Purnomo mengatakan, kotak suara yang terbuat dari kertas duplex, relatif kuat dan aman digunakan saat Pemilu 2019 mendatang.

Hal itu sudah dibuktikannya sendiri, saat tim KPU Kudus melakukan uji coba di Makodim setempat dan disaksikan oleh sebagian awak media. Selain itu, pihaknya juga sudah mengecek, satu persatu bagian kotak suara yang berjumlah enam sisi.

“Jebol kemungkinan kecil. Sudah saya cek sendiri dan saya duduk diatas kotak suara. Tali penyegel juga cukup kuat,” pungkasnya.(han/mel)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »