Komunitas Rembang Belajar Industri Hijau dari Pabrik Semen Tuban

Friday, December 28, 2018


LINGKUNGAN : Puluhan remaja dari berbagai komunitas dan perguruan tinggi, serta himpunan duta wisata Ikatan Mas-Mbak Rembang berkunjung ke pabrik PT Semen Gresik di Tuban, Jawa Timur, Jumat (28/12). 
INFOJATENGPOS/REMBANG - Demi mengenal industri dan penambangan ramah lingkungan, puluhan remaja dari berbagai komunitas dan perguruan tinggi, serta himpunan duta wisata Ikatan Mas-Mbak Rembang berkunjung ke pabrik PT Semen Gresik di Tuban, Jawa Timur, Jumat (28/12). 

Selain melihat secara langsung kondisi lingkungan sekitar pabrik, pada kunjungan selama sehari, rombongan komunitas menerima wawasan tentang manfaat kehadiran industri semen bagi masyarakat.

Mereka menyaksikan lahan bekas tambang yang kini menjadi rimbunan tanaman hijau, arboretum, maupun lahan budidaya pertanian. Area sabuk hijau di lokasi juga dimanfaatkan para petani yang sebelumnya merupakan pemilik lahan untuk bercocok tanam, dengan hasil yang melimpah.

Lokasi bekas galian tambang yang kini dibuka secara umum bagi masyarakat yang hendak berwisata, berada di belakang kompleks pabrik Semen Gresik Tuban yang berjarak sekitar 9,5 kilometer dari Pantura Kecamatan Jenu, Tuban.

Humas PT Semen Gresik, Sugianto menyambut baik kedatangan puluhan pemuda dari berbagai kalangan tersebut. Ia pun berharap, selain menjadi tempat berwisata, obyek bekas tambang yang kini asri bisa menjadi sarana wawasan edukasi bagi masyarakat. 

“Ada sejumlah obyek yang sudah menjadi penggarapan kami. Sejumlah bekas lahan galian tambang produksi kami, setiap selesai digarap 10 hektare langsung kita garap untuk kami lakukan penghijauan. Yang terbaru ada taman daun, baru-baru ini menjadi viral di masyarakat karena tempatnya yang menarik,” kata Sugianto di hadapan para pengunjung. 

Masing-masing perwakilan komunitas juga melakukan penanaman berbagai jenis varietas bibit pohon di arboretum. "Ada sejumlah tanaman bahkan pohon yang sudah kami siapkan untuk para pegiat komunitas ini. sehinga, kedatangan mereka juga bisa ada sesuatu yang bisa dirasakan kedepannya,” pungkasnya.(sov/mel)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »