JATENG POS EDISI 19 DESEMBER 2018

Tuesday, December 18, 2018

Puluhan Bangunan Liar Ruas Pantura Dirobohkan

INFOJATENGPOS/KUDUS - Sebanyak 33 bangunan liar yang didirikan ditepi ruas Jalan Raya Kudus-Pati turut Desa/Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, dibongkar paksa oleh aparat gabungan. Pembongkaran bangunan liar tersebut berdiri di atas tanggul sungai, serta dinilai mengganggu aliran irigasi. 

Tim sapu bersih bangunan liar itu, melibatkan Satpol PP Provinsi Jateng dan Satpol PP Kudus. Tak ketinggalan TNI, Polri dan Tim Pusdataru Seluna Provinsi Jateng, Selasa (18/12) pagi.

Kepala Seksi Pengandalian dan Pendayagunaan Balai Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang Serang Lusi Juana (Pusdataru Seluna) Provinsi Jateng, Syam Sahida Ali Mustofa mengatakan, sebanyak 33 bangunan yang terdiri dari 59 plong ini, merupakan bangunan liar yang berdiri di atas tanggul sungai. 

"Selain itu, keberadaan bangunan sejajar dengan garis sempadan dengan jalan, yang membuat macet jalan raya. Bahkan mengganggu aliran irigasi, karena tanggulnya semakin kecil," kata Syam didampingi Kasatpol PP Kudus Djati Solechah.

Bangunan liar yang didominasi bangunan semi permanen tersebut, kata Syam, berdiri di atas lahan hijau pengairan milik tiga instansi, yakni Pusdataru Seluna, Dinas Bina Marga Provinsi Jateng dan PT Kereta Apai Indonesia (KAI). 

Menurut Syam, sebanyak 4 bangunan dari 33 bangunan, diantaranya dibangun oleh Dinas Perdagangan dan pihak Pemerintah Desa Hadipolo.

“Sejak awal dari tiga instansi tersebut tidak pernah mengeluarkan ijin apapun untuk memanfaatkan lahan kosong itu. Paling lama, dari 29 bangunan tersebut ada yang sudah 20 tahun, terhitung sejak tahun 1999,” terangnya. (han/mel)

Selengkapnya baca koran harian Jateng Pos edisi 19 Desember 2018


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »