Dewan Kesenian Pati Studi Banding Ke Banyumas

Wednesday, December 12, 2018
DKP : Dewan Kesenian Pati (DKP) melakukan studi banding ke Dewan Kesenian Kabupaten Banyumas, Sabtu (8/12) kemarin.
INFOJATENGPOS, BANYUMAS – Dewan Kesenian Pati (DKP) melakukan studi banding ke Dewan Kesenian Kabupaten Banyumas belum lama ini. Dalam kunjungannya itu, DKP bertukar pengalaman tentang mengembangkan seni budaya didaerah.

Ketua DKP, Pendi Sukarjo mengatakan, dalam kunjungan kerja itu mereka diterima di pendopo Wakil Bupati Banyumas dan di sambut oleh ketua Harian Dewan Kesenian Kabupaten Banyumas beserta 15 orang pengurus.

“Disini kita saling tukar pengalaman, dan ternyata di Banyumas ini Dewan Kesenian Kabupaten Banyumas cukup mendapatkan support yang besar dari Pemda. Salah satunya berupa alokasi anggaran mencapai 150 juta,” ungkapnya, Senin (10/12) kemarin.

Saat inipun, Pemda Banyumas sedang membangun gedung kesenian yang cukup besar berupa ruang pertunjukan indoor dengan kapasitas penonton mencapai  500 orang melalui penganggaran APBD multiyear dengan perkiraaan mencapai milyaran rupiah.

“Dengan support yang besar dari Pemda, Dewan Kesenian Kabupaten Banyumas bisa membentuk Dewan Kesenian dalam lingkup kecamatan, ada sekitar 27 kecamatan yang kemudian bisa melakukan aktifitas kesenian di tiap kecamatan masing-masing,” paparnya.

Melalui kerja-kerja tersebut, lanjutnya Dewan Kesenian Kabupaten BAnyumas berhasil untuk memperkenalkan kebudayaan lokal sampai ke tingkat internasional karena beberapa kali menghadiri festival folklore di Ceko, Malaysia dan pernah mendapat undangan untuk tampil di Jerman.

Pendi berharap, kesuksesan Dewan Kesenian Kabupaten Banyumas bisa diterapkan di Pati. Sehingga seni budaya di Kabupaten Pati bisa lebih maju lagi. “Semoga ke depan Dewan Kesenian Kabupaten PAti bisa melakukan pengembangan kebudayaan lokal dan memberikan apresiasi kepada semua pelaku seni,” harapnya.(*)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »