Bupati Kudus Santuni Korban Laka

Friday, December 21, 2018


SANTUNAN: Bupati Kudus Muhammad Tamzil memberikan santuanan kepada ahli waris, di Aula Kantor Kecamatan Kota Kudus kemarin. FOTO: BURHANUDDIN FIRDAUS/JATENG POS
INFOJATENGPOS/ KUDUS - Bupati dan Wabup Kudus Muhammad Tamzil dan Hartopo mulai merealisasikan program santunan, untuk warga Kudus yang meninggal dunia. Namun jumlah uang yang diberikan, berbeda untuk korban kecelakaan lalulintas. 

Bupati Kudus Muhammad Tamzil mengatakan, pihaknya cukup berterimakasih kepada DPRD Kudus yang telah menyetujui anggaran yang diajukan untuk program santuanan kematian tersebut. Meskipun pada tahun ini, ada keterlambatan dalam pencairan.

"Satu orang diberikan santuan satu juta, bagi yang meninggal karena sakit. Sedangkan yang korban kecelakaan, kami santuni Rp 2,5 juta," terang Tamzil kepada Jateng Pos setelah menyerahkan santunan di Aula Kecamatan Kota, Jumat (21/12) siang kemarin.

Dia menambahkan, anggaran yang dikucurkan untuk santunan kematian tahun ini sebesar Rp 1,7 miliar yang bersumber dari APBD Perubahan 2018. Namun dalam pencairannya ada keterlambatan, sehingga perlu ada penyempurnaan.

"Per 1 Januari mendatang, diharapka bisa langsung cair. Jika ada yang meninggal pagi, sore sudah cair," ujarnya.

Sementara anggaran yang dikucurkan di tahun 2019, Dia melanjutkan, dewan sudah menyetujui sebesar Rp 3 miliar untuk satu tahun anggaran. Dengan demikian, Pemkab Kudus melalui Dinas Sosial P3AP2KB tinggal menyalurkan, kepada penerima santunan.

"Per Januari 2019, kalau ada yang meninggal tinggal lapor RT/RW dan Pak Kades/Lurah. Minta tolong antarkan ke Kantor Dinsos, untuk mencairkan santunannya," ujar Tamzil. 

Sementara itu Kepala Dinsos P3AP2KB Kudus Ludful Hakim menjelaskan, jumlah penerima santunan di wilayah Kecamatan Kota Kudus sebanyak 142 orang meninggal, terdiri dari 138 orang karena sakit dan 4 orang karena kecelakaan lalulintas.

"Hari ini (kemarin, red) ada tiga kecamatan yang diberikan santuan, Kecamatan Kota Jati dan Undaan," pungkasnya.(han/mel)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »