Tari Gambyong Meriahkan Pembukaan TMMD Rembang

Monday, October 15, 2018

INFOJATENGPOS,REMBANG - Dalam gladi upacara pembukaan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) Reguler ke-103 Kodim 0720/Rembang di lapangan sepakbola Desa Kemadu, Kecamatan Sulang, Kabupaten Rembang, rencananya juga akan dimeriahkan kesenian Tari Gambyong.

Tampilan tari tradisional itu, akan dibawakan para siswi SMA N 1 Sulang Rembang. Tari Gambyong adalah salah satu tari tradisional yang berasal dari Surakarta. Awalnya tarian ini hanyalah sebuah tarian jalanan atau tarian rakyat, dan termasuk tari kreasi baru dari perkembangan Tari Tayub.

Tarian tersebut hanya dipertunjukkan pada saat upacara panen dan hendak akan menanam padi. Namun masyarakat percaya, tarian ini untuk memanggil Dewi Sri atau Dewi Padi, agar ia memberikan berkah kepada sawah mereka dengan hasil panen yang maksimal.

Sementara itu, Dewi (38), guru dan juga pelatih tari Gambyong, mengaku senang tarian tersebut bisa memeriahkan acara upacara pembukaan TMMD Reg-103 Kodim 0720/Rembang nanti.

“Selain memeriahkan, harapan kami semoga dalam pelaksanaan TMMD Reg-103 nanti diberikan berkah dan diberikan kelancaran,” tandasnya

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »